Kamis, 17 Oktober 2019 : 07:23:09 WITA

Artikel

RAPIMWIL LDII KALIMANTAN UTARA

TARAKAN – Bertempat di Gedung Mansurin II Pondok Pesantren Al-Mukminun Kampung Empat Tarakan, Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia menggelar RAPIMWIL yang diikuti peserta dari utusan DPD kabupaten/kota se Kalimantan Utara dan dewan penasehat, kegiatan tersebut adalah merupakan agenda rutin DPW per triwulan.

Dalam sambutannya, ketua DPW Zainuddin Al-Amin menyampaikan kepada peserta Rapimwil “dalam kegiatan ini, kita akan membahas tentang rencana langkah-langkah strategis organisasi sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sudah berjalan sebelumnya”.

Sekretaris DPW LDII Kaltara Komaruddin dalam paparannya menyampaikan hasil Rakornas DPP dan Lokakarya Nasional (Loknas) “ada 2 bidang yang sangat strategis di Era Digital yaitu bidang Pendidikan dan bidang Ekonomi.

Digitalisasi dibidang Pendidikan meliputi :

  1. Pendayagunaan instrument e-learning.
  2. Pengorganisasian alur ilmu pengetahuan.
  3. Metode pembelajaran di era Teknologi digital.
  4. Sistem Manajemen Informasi di Lembaga Pendidikan.

Sedangkan digitalisasi dibidang Ekonomi meliputi :

  1. Bidang Produksi.
  2. Bidang Instrumen pemudahan supply – demand (penawaran–permintaan)/rancangan market place.
  3. Bidang bisnis retail (Eceran)
  4. Metode pengumpulan data secara aplikasi digital
  5. Lembaga keuangan mikro & payment system”

Dalam forum tersebut menilai pentingnya penguatan dibidang ekonomi sebagai penopang untuk terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera, sehingga dianggap perlu untuk membentuk Forum Komunikasi Usaha Bersama (Forkom UB) sekaligus sebagai menindaklanjuti hasil Loknas yang terkait dengan Digitalisasi dibidang ekonomi. forkom UB tersebut nantinya berfungsi sebagai koordinator UB-UB yang ada diwilayahnya dan mempunyai tugas antara lain :

  1. Memantau perkembangan jumlah outlet (UB) diwilayahnya.
  2. Memantau perkembangan permintaan (demand) barang diwilayah kerjanya.
  3. menyampaikan laporan ke kantor pusat.
  4. pelaksanaan butir 1 s/d 3 dilakukan dengan menggunakan aplikasi digital.

Zainuddin Al-Amin juga menyampaikan “Warga LDII pada umumnya sudah mempunyai Usaha Bersama (UB) ditingkat PC, ada yang sudah berjalan dengan baik, ada juga yang masih terkendala. Mudah-mudahan dengan sistem yang akan diterapkan yaitu sistem managemen secara terpusat dan menggunakan standar prosedur didalam pelaksanaan, dapat menjawab semua kendala yang dihadapi oleh UB-UB”.

Acara tersebut ditutup oleh dewan penasehat dengan memberikan arahan dan nasehat agama kepada peserta Rapimwil agar didalam melaksanakan tugasnya dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, penuh rasa tanggung jawab sebagai amanat yang nanti akan dipertanggung jawabkan disisi Allah SWT. (tim lines Kaltara)

Komentar ditutup.