Jumat, 23 Agustus 2019 : 22:34:09 WITA

Artikel

Pelantikan SAKO SPN Cabang Tarakan

Tarakan – Sekretaris Daerah Kota Tarakan Drs. Firmananur, MSi selaku Ketua Kwarcab Kota Tarakan resmi melantik Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) Cabang Tarakan di Bumi Perkemahan Pantai Amal Tarakan (04/02/18). Sako SPN merupakan gerakan kepramukaan yang berbasis masjid dan pesantren yang juga merupakan wahana LDII untuk membangun karakter bangsa sejak dini. Hadir dalam acara pengukuhan gerakan kepramukaan warga LDII ini, Pengurus Kwarcab Kota Tarakan, jajaran TNI Polri serta perwakilan Saka Pramuka dan Gugus Depan yang ada di kota Tarakan.

Ketua Kwarcab Kota Tarakan dalam sambutannya mengatakan terbentuknya satuan komunitas ini adalah amanat undang-undang gerakan pramuka dan Keputusan Kwarnas no. 177 Tahun 2012 tentang satuan komunitas untuk memberi tempat bagi anggota pramuka yang memiliki kesamaan profesi, aspirasi dan agama. Setiap kegiatannya juga harus sinergi dan bertanggungjawab kepada kwartir selaku lembaga kepramukaan satu-satunya di Indonesia. Sako SPN adalah satu-satunya gerakan pramuka yang unik berbasis masjid dan pesantren yang sangat penting dalam pembentukan karakter, peduli membangun karakter bangsa.

“Sebagai gerakan berbasis masjid dan pondok pesantren, Pramuka SAKO SPN merupakan gerakan kepanduan yang unik. Sebagaimana kegiatan kepramukaan pada umumnya, namun diantara kegiatan itu ditanamkan nilai-nilai keagamaan untuk mewujudkan generasi yang faham terhadap ilmu agama, berakhlakul karimah, dan mandiri”. Ujarnya.


Ketua SAKO SPN Cabang Tarakan Kak Puji Prasetyo pada saat acara pelantikan menyampaikan, ini merupakan wahana untuk membangun karakter generasi muda sejak dini. Nilai-nilai agama sangat mudah ditanamkan dalam gerakan Pramuka, karena kegiatannya menekankan learning by doing, yakni membiasakan adik-adik untuk memiliki tabiat yang mulia, bisa jujur, amanah, hemat dan bekerja keras. Juga dalam berkelompok bisa rukun, kompak, dan bisa bekerjasama dengan kawan-kawan mereka.

Sementara itu, Majelis Pembina SAKO SPN Cabang Tarakan Kak H. Bambang Widjanarto mengatakan bahwa LDII telah mencanangkan gerakan membentuk insan yang professional religious dalam satu decade terakhir. Program ini juga dibarengi oleh DPD LDII Kota Tarakan dengan membentuk Pembina Penggerak Generus (PPG), yang focus membentuk karakter anak-anak hingga remaja menjadi generasi yang faqih, berakhlak mulia dan mandiri.
“Salah satu program PPG untuk membangun generasi muda LDII adalah Pramuka yang terhimpun dalam SAKO SPN,” ujar Bambang.

(Tim NUANSA)

Komentar ditutup.